Lifestyle • 30 January 2020

6 KONSER MUSIK FAVORIT DI INDONESIA

Menyaksikan sebuah festival musik adalah sebuah pengalaman yang luar biasa menyenangkan sekaligus menghibur. Berada di satu acara, bergembira bersama teman dan sahabat, berbagai rasa dengan ratusan bahkan ribuan penonton lainnya menciptakan euforia yang akan selalu diingat.

Musik sudah menjadi candu di semua lapisan masyarakat. Dimanapun pasti selalu ada yang memainkan musik, entah dari handphone, laptop, CD, radio, dan sebagainya. Musik selalu bisa di dengar dimanapun, baik di warung kopi, pos ronda, kantor, bahkan pusat perbelanjaan. Penikmat musik pun beragam, ada yang dari kalangan milenial, anak-anak, hingga orang tua. Berbagai macam pilihan genre musik pun membuat music memiliki warna warni di setiap nadanya.

Di Indonesia sendiri, acara-acara musik banyak yang hadir dengan berbagai macam aliran musik. Ada yang menampilkan aliran musik keras, indie, dan jazz dengan menampilkan berbagai bintang tamu terkenal pula. Berikut adalah 6 konser music favorit di Indonesia

HAMMERSONIC

Merupakan sebuah festival music cadas internasional yang pertama dan terbesar di Indonesia. Sebelumnya tidak ada festival serupa yang yang bertaburan nama-nama besar dunia di tanah air. Festival yang saat ini lebih sering menggelar acaranya di Kawasan Ancol (Ecopark atau Pantai Karnaval) ini sudah berhasil mendatangkan band-band ternama dunia seperti Megadeth, Lamb of God, Bullet for My Valentine, Dead Kennedys hingga Morbid Angels. Festival ini diadakan antara bulan April hingga Mei setiap tahunnya.

JAVA JAZZ

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2005, festival yang mengahadirkan genre music Jazz ini selalu menyuguhkan beragam pertunjukan menarik dari musisi-musisi mancanegara dan nasional. Santana, James Brown, Stevie Wonder adalah beberapa nama legenda yang pernah tampil di panggung ini. Acara yang digelar setiap awal bulan Maret ini skabarnya adanya festival Jazz terbesar di dunia.

SOUNDRENALINE

Soundrenaline termasuk salah satu pionir festival music terbesar di Indonesia sejak tahun 2002. Sempat menjadi travelling festila di berbagai kota di Indonesia, akhirnya pada tahun 2015 Soundrenaline lebih sering diadakan di Kawasan wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali. Ada tiga panggung outdoor dan satu panggung amphitheater yang menampilkan aksi puluhan musisi internasioanl dan dalam negeri. Limp Bizkit, Temper Trap, Simple Plan, Bloc Party adalah beberapa nama-nama musisi internasional yang pernah tampil di festival ini. Sementara dari dalam negeri band-band sekaliber Noah, Slank, Iwan Fals, Jambrud, GIGI, Padi, Sheila On7, Naif, Seringai, Burgerkill, Deadsquad juga pernah tampil di festival ini. Soundrenaline biasanya digelar di awal September setiap tahunnya.

WE THE FEST

Festivalnya para generasi milenial. Festival yang biasanya diadakan antara bulan Julia tau Agustus ini kebanyakan digandrungi oleh anak-anak muda, tidak heran anak-anak kisaran pelajar SMA bahkan SMP datang ke festival ini. Mereka datang tentunya tidak hanya untuk menikmati konser, melainkan juga tampil bergaya maksimal. Dekorasi festival yang diadakan di JIEXPO Kemayoran atau Kawasan GBK Senayan ini selalu semarak dan instagramable yang membuat festival in selalu digemari kalangan hipster. Ellie Goulding, The 1975, Mark Robson, dan Jams Bay adalah beberapa nama musisi mancanegara ternama yang sudah pernah tampil di We The Fest.

Djakarta Wraehouse Project (DWP)

DWP saat ini terbukti menjadi salah satu dance music festival terbesar di Indonesia, Asia Tenggara, Bhakan Asia. Hampir ratusan ribu penonton dari berbagai penjuru dunia datang ke festival yang digelar tiga hari tiga malam ini. Nama-nama tenar di dunia EDM dan Hip-Hop sudah sering naik turun di panggung DWP, mereka diantaranya yaitu Avicii, Calvin Haris, David Guetta, Skrilles, Alesso, DJ Snake, Marshmello, hingga The Weekend.

LA LA LA FEST

Festival music internasional ini mempunya ciri khas yang unik yaitu selalu digelar di dalam hutan Orchid di Kawasan Lembang, Bandung. Para musisi mancanegara biasanya mengisi slot tampil di festival ini. Suasan dingin sambal ditemani iringan music pop eletrik dan folk ini ternyata berhasil mengundang sensasi yang berbeda.

Beberapa konser musik tadi tentunya bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang suntuk masalah kantor dan butuh hiburan bersama orang-orang terdekat Anda. Musik bisa merefleksikan ketenangan dan salah satu obat penghilang stress yang ampuh.