FAQ
Umum
  • Apa fungsi koperasi?

    Koperasi berfungsi untuk memenuhi kebutuhan setiap anggotanya, baik dalam hal memiliki kehidupan yang sejahtera, membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional, mencari serta mengembangkan potensi yang ada pada setiap anggota koperasi, dan memperkokoh perekonomian rakyat.

  • Apa keunikan Koperasi Namastra?

    Semakin pesatnya perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap informasi dan teknologi membuat Koperasi Namastra beradaptasi menjadi Koperasi digital PERTAMA di Asia Tenggara yang tentunya selalu memberikan pelayanan terbaik dan profesional, mampu memberikan keuntungan optimal bagi setiap anggota koperasi,dan menerapkan sistem manajemen yang modern.

    Selain memberikan solusi bagi pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan memberikan pinjaman modal, Koperasi Namastra juga menyediakan jasa wisata yang bernama Travel Namastra yang di mana setiap anggota koperasi bisa mencicil atau menabung biaya perjalanan di Koperasi Namastra

  • Apakah Koperasi Namastra diawasi oleh Pemerintah?

    Sebagai organisasi yang mengatur keuangan masyarakat banyak, tentunya Koperasi Namastra sudah resmi/legal sesuai hukum, selain itu Koperasi Namastra juga diawasi langsung oleh Kementrian Koperasi dan Dinas Koperasi sesuai dengan Undang-undang yang sudah ditetapkan.

  • Apakah saya dapat memiliki beberapa akun pendana di Namastra?

    Tidak. Karena Anda hanya bisa mendaftarkan satu identitas (KTP) untuk satu akun pendana

  • Bagaimana Namastra mengatur risiko?

    Koperasi Namastra memperhatikan betul dalam mengatur risiko yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

    Pertama: Portofolio pinjaman didistribusikan ke 4 produk yang mewakili 4 segmen pasar, agar mengurangi resiko potensi pinjaman bermasalah.
    Kedua: Namastra menerapkan credit scoring berlapis dan prinsip kehati-hatian dalam menganalisa kelayakan pinjaman
    Ketiga: Namastra bekerjasama dengan PEFINDO dalam mendapatkan data pinjaman dan rekam jejak calon peminjam agar dapat menganalisa dengan lebih menyeluruh

  • Apakah yang dimaksud dengan Sisa Hasil Usaha?

    Sisa Hasil Usaha adalah pendapatan yang diperoleh koperasi dalam kurun waktu tertentu dikurang biaya-biaya, penyusutan, kewajiban-kewajiban termasuk pajak dalam kurun waktu yang bersangkutan yang selanjutnya dibagikan kepada anggota koperasi

  • Bagaimana cara Namastra mengelola dana?

    Sebagai koperasi yang memiliki unit Simpan Pinjam, Pengelola berkewajiban untuk menggalang dana dari pihak ketiga (deposan, bank atau institusi keuangan lainnya). Simpanan yang masuk, selanjutnya digunakan untuk membantu Anggota koperasi Namastra yang memerlukan dana baik untuk modal usaha ataupun keperluan lainnya. Selisih bunga dari pendanaan tersebut merupakan pendapatan yang akan dibukukan koperasi.Namastra tidak menggunakan dana simpanan untuk keperluan usaha lain selain menyalurkan kepada Anggota peminjam.

Simpanan
Pinjaman
  • Apa saja produk pinjaman di Namastra?

    Produk pinjaman yang ada di Namastra diantaranya

    1. Pinjaman NamaKMS : Pinjaman yang diberikan kepada anggota wanita produktif yang memiliki usaha sendiri yang selanjutnya digunakan untuk modal usaha
    2. Pinjaman Komersil : Pinjaman yang diberikan kepada pengusaha, pedagang, atau pegawai yang digunakan untuk modal kerja atau modal usaha
    3. Pinjaman NamaKARYA : Pinjaman yang diberikan kepada pegawai suatu perusahaan yang sudah melakukan kerjasama dengan Koperasi Namastra, lalu digunakan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing individu.
  • Bagaimana cara saya mengajukan pembiayaan ke Namastra?

    Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman, Anda bisa menghubungi Namastra via telfon atau datang langsung ke area pelayanan kami di Bogor, Sukabumi, dan Purwakarta

  • Apa persyaratan untuk menjadi penerima pinjaman di Koperasi Namastra?

    1. Warga Negara Indonesia yang sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk

    2. Mengisi aplikasi dan mendaftarkan diri menjadi anggota koperasi Namastra

    3. Melengkapi dokumen-dokumen yang sudah ditentukan oleh Koperasi Namastra

  • Dimana saja area pelayanan Namastra?

    Pelayanan Koperasi Namastra sudah tersebar di daerah Bogor, Sukabumi, Purwakarta, Bekasi, dan Cikarang

    Bogor : Jalan Kol.Ahmad Syam No.179 C, Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16154.

    Sukabumi : Jalan Otto Iskandardinata No.6, Kebonjati, Cikole, Kota Sukabumi 43111.

    Purwakarta : Jalan Ibrahim Singadilaga No.86A, Purwakarta 41115

     

       

  • Mengapa penerima pinjaman harus memilih Namastra?

    Ada beberapa keunggulan dan nilai tambah yang dapat dilihat oleh penerima pinjaman sebelum mereka menerima pendanaan dari Koperasi Namastra

    Mudah

    Proses cepat dan dukungan pendanaan yang siap mendukung pendanaan calon peminjam

    Fleksibel

    Beragam pilihan angsuran dan waktu pelunasan yang dapat dikembalikan sesuai dengan periode waktu yang sudah ditentukan,

    Profesional

    Koperasi Namastra didukung oleh ratusan pekerja yang ahli dibidangnya

  • Siapa yang dapat hubungi jika ada teman atau tetangga yang berminat menjadi penerima pinjaman di Namastra?

    Anda bisa menghubungi kantor wilayah cabang Namastra yang terdekat dengan wilayah Anda