Koperasi berfungsi untuk memenuhi kebutuhan setiap anggotanya, baik dalam hal memiliki kehidupan yang sejahtera, membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional, mencari serta mengembangkan potensi yang ada pada setiap anggota koperasi, dan memperkokoh perekonomian rakyat.
Semakin pesatnya perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap informasi dan teknologi membuat Koperasi Namastra beradaptasi menjadi Koperasi digital PERTAMA di Asia Tenggara yang tentunya selalu memberikan pelayanan terbaik dan profesional, mampu memberikan keuntungan optimal bagi setiap anggota koperasi,dan menerapkan sistem manajemen yang modern.
Selain memberikan solusi bagi pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan memberikan pinjaman modal, Koperasi Namastra juga menyediakan jasa wisata yang bernama Travel Namastra yang di mana setiap anggota koperasi bisa mencicil atau menabung biaya perjalanan di Koperasi Namastra
Sebagai organisasi yang mengatur keuangan masyarakat banyak, tentunya Koperasi Namastra sudah resmi/legal sesuai hukum, selain itu Koperasi Namastra juga diawasi langsung oleh Kementrian Koperasi dan Dinas Koperasi sesuai dengan Undang-undang yang sudah ditetapkan.
Tidak. Karena Anda hanya bisa mendaftarkan satu identitas (KTP) untuk satu akun pendana
Koperasi Namastra memperhatikan betul dalam mengatur risiko yang sewaktu-waktu bisa terjadi.
Pertama: Portofolio pinjaman didistribusikan ke 4 produk yang mewakili 4 segmen pasar, agar mengurangi resiko potensi pinjaman bermasalah.
Kedua: Namastra menerapkan credit scoring berlapis dan prinsip kehati-hatian dalam menganalisa kelayakan pinjaman
Ketiga: Namastra bekerjasama dengan PEFINDO dalam mendapatkan data pinjaman dan rekam jejak calon peminjam agar dapat menganalisa dengan lebih menyeluruh
Sisa Hasil Usaha adalah pendapatan yang diperoleh koperasi dalam kurun waktu tertentu dikurang biaya-biaya, penyusutan, kewajiban-kewajiban termasuk pajak dalam kurun waktu yang bersangkutan yang selanjutnya dibagikan kepada anggota koperasi
Sebagai koperasi yang memiliki unit Simpan Pinjam, Pengelola berkewajiban untuk menggalang dana dari pihak ketiga (deposan, bank atau institusi keuangan lainnya). Simpanan yang masuk, selanjutnya digunakan untuk membantu Anggota koperasi Namastra yang memerlukan dana baik untuk modal usaha ataupun keperluan lainnya. Selisih bunga dari pendanaan tersebut merupakan pendapatan yang akan dibukukan koperasi.Namastra tidak menggunakan dana simpanan untuk keperluan usaha lain selain menyalurkan kepada Anggota peminjam.
Warga Negara Indonesia atau Asing yang memiliki identitas diri yang jelas dan lengkap.
Simpanan dana yang dilakukan selanjutnya dikelola untuk memfasilitasi pinjaman bagi anggota koperasi yang memerlukan pinjaman, yang dimana anggota koperasi yang mengajukan pinjaman di Koperasi Namastra sudah melalui proses verifikasi ketat pada saat pengajuan. Proses verifikasi dibantu dengan olahan data dari pefindo yang efektif mencegah adanya kredit bermasalah pada saat proses pinjaman
Anda bisa melakukan pendanaan/simpanan minimal Rp 1.000.000,- dengan batas maksimal tidak terhingga
Anda bisa mendapatkan informasi mengenai simpanan Anda yang meliputi saldo aktif melalui aplikasi Namastra
Tidak
Anda bisa melihat portofolio dari simpanan yang sudah Anda lakukan melalui aplikasi Namastra.
Tidak. Tapi dana Anda pastinya akan di alokasikan kepada peminjam yang sebelumnya sudah diverifikasi oleh Namastra secara ketat
Kode referral digunakan untuk mendapatkan bonus 5% dari setiap simpanan dana yang dilakukan.
Contoh: Budi mendowload aplikasi Namastra. Pada saat log in, Budi menggunakan kode referral yang ia peroleh dari Rizki. Pada saat Budi melakukan pendanaan, besaran pendanaan yang Budi lakukan otomastis akan dikalikan 5% yang nantinya hasilnya akan masuk ke saldo aktif milik Rizki
Misalnya: Budi melakukan pendanaan Rp 10.000.000 dengan mengambil produk simpanan dengan jangka waktu 15 hari, jadi hitungnya adalah
5% ÷ 365 x 15hari x 10.000.000
Jumlah yang didapatkan bisa beragam sesuai dengan jumlah simpanan dan jangka waktu yang diambil.
Untuk simpanan yang Anda lakukan via online, Anda bisa melakukan penarikan setiap hari selama saldo aktif Anda mencukupi. Sementara untuk simpanan yang Anda lakukan via offline, Anda baru bisa melakukan penarikan sesuai tenor yang Anda pilih di awal melakukan simpanan.
Produk pinjaman yang ada di Namastra diantaranya
Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman, Anda bisa menghubungi Namastra via telfon atau datang langsung ke area pelayanan kami di Bogor, Sukabumi, dan Purwakarta
1. Warga Negara Indonesia yang sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk
2. Mengisi aplikasi dan mendaftarkan diri menjadi anggota koperasi Namastra
3. Melengkapi dokumen-dokumen yang sudah ditentukan oleh Koperasi Namastra
Pelayanan Koperasi Namastra sudah tersebar di daerah Bogor, Sukabumi, Purwakarta, Bekasi, dan Cikarang
Bogor : Jalan Kol.Ahmad Syam No.179 C, Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16154.
Sukabumi : Jalan Otto Iskandardinata No.6, Kebonjati, Cikole, Kota Sukabumi 43111.
Purwakarta : Jalan Ibrahim Singadilaga No.86A, Purwakarta 41115
Ada beberapa keunggulan dan nilai tambah yang dapat dilihat oleh penerima pinjaman sebelum mereka menerima pendanaan dari Koperasi Namastra
Mudah
Proses cepat dan dukungan pendanaan yang siap mendukung pendanaan calon peminjam
Fleksibel
Beragam pilihan angsuran dan waktu pelunasan yang dapat dikembalikan sesuai dengan periode waktu yang sudah ditentukan,
Profesional
Koperasi Namastra didukung oleh ratusan pekerja yang ahli dibidangnya
Anda bisa menghubungi kantor wilayah cabang Namastra yang terdekat dengan wilayah Anda